Sabtu, 10 Desember 2011

Formula dan Fungsi

  • Dengan Microsoft Excel, kita dapat menggunkan rumus atau formula yang dapat menjadikan pekerjaan lebih efisien.

  1. Operasi Hitung
Apabila kita belum pernah atau baru pertama kali menggunakan operasi hitung dengan komputer, mungkin agak bingung karena cara penulisannya berbeda.
Contoh :
  • Tanda kali (X) di computer menggunakan bintang (*)
  • Tanda bagi di kompute menggunakan garis miring (/)

  1. Formula
Penulisan rumus atau formula selalu diawali dengan menuliskan tanda sama dengan (=) di lanjtkan dengan menuliskan rumusnya pada formula bar.
Contoh :
Berapkah jumlah total A1 + A2 + A3? (lihat gambar)


Jawab :
(1) Ketik tanda sam dengan (=).
(2) Pindahkan kursor ke sel A1.
(3) Ketikan operator tanda plus (+).
(4) Pindahkan ke sel A2.
(5) Ketikkan operator tanda plus (+).
(6) Kemudian tekan Enter.

Untuk memsukan formula, kita dapat mengikuti langkah-langkah sebagi berikut.
(1) Klik sel yang akan diisi Formula.
(2) Ketikan tanda sama dengan (=).
(3) Jika kita klik perintah Function dari menu Insert, maka Microsoft Excel akan menyisipkan tanda sama dengan (=) secara otomatis.
(4) Ketikkan Formula, setelah selesai tekan Enter.
 
 
 Sumber:Up-puji-9a.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar